Tuesday, June 8, 2010

Setting Email di Outlook Express dengan Speedy

Banyak dari kita sudah mengenal banyak tentang email client, mulai dari yang Free sampai yang berbayar. Disini saya akan menjelaskan cara setting Email Client menggunakan bawaan Windows, yaitu Outlook Express dengan menggunakan Koneksi Speedy dan Email Yahoo dan Gmail sebagai mail servernya.

  1. Cara setting Email Yahoo :
  • Perlu diingat untuk mail server yahoo hanya dapat digunakan untuk Yahoo Indonesia,singapore, dll kecuali yahoo.com . sehingga jika kita mempunyai email dengan nama xxxxx@yahoo.com maka tidak bisa di gunakan disini (meskipun bisa kadang trial 15 hari dan seterusnya kita harus membayar).
  • Buka program Outlook Express kita, lanjut ke menu Tools, pilih Accounts, di jendela Internet Accounts pilih tombol Add, lalu Mail, pada jendela Internet Connection Wizard pada bagian Display name: masukkan nama kita atau nama yang akan muncul di email orang lain nantinya. Contoh: Adi Widayat.
  • Kemudian tekan Enter, pada bagian E-mail address: masukkan alamat email kita yang lengkap, contohnya: adi_widayat@yahoo.co.id, kemudian tekan Enter
  • Pada bagian My incoming mail server is a: pilih POP3, kemudian pada incoming mail server: isi dengan pop.mail.yahoo.co.id sedangkan pada bagian outgoing mail server: isi dengan smtp.telkom.net (karena kita memakai Speedy) sesuaikan dengan koneksi internet kita, kemudian tekan Enter atau Next.
  • Pada bagian Account name: isi dengan nama akun email kita atau yahoo id kita, misalnya adi_widayat dan pada bagian Password: masukkan password email kita. Tekan Enter atau Next selanjutnya tekan Finish.
  • Selanjutnya silakan dibuka lagi ”Tools”, “Accounts”, pada jendela Internet Accounts pilih email yang anda buat tadi, kemudian tekan tombol “Properties” dan pilih tab “Advance”.
  • Pada bagian Server Port Number yaitu “Outgoing mail (SMTP)” diisi dengan 25 sedangkan “Incoming mail (POP3)”: isi dengan 110. Tekan tombol OK.
  • Berikutnya silakan dicek email anda apakah ada surat masuk dengan cara menekan tombol “Send and Receive All” pada toolbar.
  • Agar email yahoo kita mendukung POP3 atau dapat diakses melalui Outlook Express. Maka lakukan pengaturan pada webmail yahookita , dengan cara login ke email yahoo melalui “http://mail.yahoo.co.id” login terlebih dahulu kemudian pada bagian pilih “Opsi” kemudian cari bagian “Akses dan Penerusan POP” selanjutnya pilih “Akses Web & POP” setelah itu simpan settingan kita.
  1. Cara Setting Email Google :
  • Buka program Outlook Express kita, dari menu Tools, kemudian pilih Accounts, pada jendela Internet Accounts pilih tombol Add, kemudian Mail, pada jendela Internet Connection Wizard pada bagian Display name: masukkan nama Anda atau nama yang akan muncul di email orang lain nantinya. seperti langkah diatas setting yahoo
  • Kemudian tekan Enter, pada bagian E-mail address: masukkan alamat email anda yang lengkap, contohnya:adi.widayat@gmail.com, kemudian lanjut dengan menekan Enter
  • Pada bagian My incoming mail server is a: pilih POP3, kemudian pada incoming mail server: isi dengan pop.gmail.com sedangkan pada bagian outgoing mail server: isi dengan smtp.telkom.net kemudian tekan Enter atau Next.
  • Pada bagian Account name: isi dengan nama akun email kita atau gmail id kita,dan pada bagian Password: masukkan password email kita. Tekan Enter atau Next selanjutnya tekan Finish.
  • Selanjutnya silakan dibuka lagi ”Tools”, “Accounts”, pada jendela Internet Accounts pilih email yang anda buat tadi, kemudian tekan tombol “Properties” dan pilih tab “Advance”.
  • Pada bagian Server Port Number yaitu “Outgoing mail (SMTP)” diisi dengan 465 sedangkan “Incoming mail (POP3)”: isi dengan 995. Tekan tombol OK.
  • Berikutnya silakan dicek email anda apakah ada surat masuk dengan cara menekan tombol “Send and Receive All” pada toolbar.

Silahkan Dicoba dan dipraktekkan, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

1 comment:

Irma syukron said...

mas ko pas cek email di Send and Receive All malah keluar tulisan ini. truz di gimanain mas klo gini???
Your server has unexpectedly terminated the connection. Possible causes for this include server problems, network problems, or a long period of inactivity. Account: 'pop.gmail.com', Server: 'pop.gmail.com', Protocol: POP3, Port: 995, Secure(SSL): No, Error Number: 0x800CCC0F

Post a Comment