Friday, June 4, 2010

Perkenalan Internet Sesuai Usia

Perkenalan Internet Pada Anak - anak memang Bagus, tetapi apakah kita sudah mengerti apa saja yang harus kita berikan kepada anak-anak kita. Apakah mereka bisa menerima itu atau terlalu bebas ??????
Silahkan Ikuti Penjelasan di bawah ini, disini kita akan mengerti pada saat usia berapa anak bisa dan boleh belajar internet sesuai kapasitasnya. Artikel ini juga untuk mendukung gerakan Internet Sehat.

  • Usia 2 sampai 4 Tahun
Ini adalah Usia Balita sehingga mereka lebih ingin berinteraksi dengan komputer dan harus di dampingi oleh Orang tua atau orang Dewasa yang di percaya, usahakan dengan orang tua karena memperkuat ikatan emosional anak dengan orang tua. Cari situs yang sesuai dengan usia balita dan biarkan mereka bereksplorasi sendiri di situs tersebut dan usahakan mereka tidak keluar dari situs tersebut.
  • Usia 4 sampai 7 Tahun
Pada usia-usia ini anak akan sering bereksplorasi sendiri, makanya peran orang tua juga penting pada tahap ini. berikan batasan-batasan situs yang boleh di kunjungi. Orang tua bisa memberikan Search Engine (Mesin Pencari) khusus untuk anak sehingga pertama kali mereka membuka internet akan langsung terhubung dengan situs tersebut.
  • Usia 7 sampai 10 Tahun
Masa ini mereka akan mencoba mencari informasi dan kehidupan di luar sosial Keluarga mereka. Pada usia ini faktor pertemanan dan kelompok bermain berpengaruh, sehingga untuk pembelajaran Internet taruh Komputer di tempat keluarga atau di tempat yang mudah untuk di awasi. Kalau bisa isi Komputer dengan Software Filter dan arahkan search engine khusus untuk anak-anak. Selain itu Pembatasan Waktu jam online juga harus diterapkan bisa dengan kesepakatan dengan mereka atau memberi software batasan waktu internet.
  • Usia 10 sampai 12 Tahun
Masa ini sering disebut masa-masa pra-remaja, mereka membutuhkan sekali pengalaman - pengalaman dan kebebasan. pada masa ini kita harus memberikan penganalan tentang internet sesungguhnya, negatif dan positif penggunaan internet. Usahakan perkenalkan mereka dari mencari Tugas-tugas sekolah dan memperkenalkan kepada Hobi mereka di Internet. Buatlah batasan-batasan penggunaan waktu berinternet dan di imbangi degan kegiatan lain sebagai contoh olah raga, Musik atau Membaca Buku.
  • Usia 12 sampai 14 Tahun
Pada masa-masa ini mereka akan lebih aktif menjalani kehidupan sosialnya. Mereka akan lebih tertarik dengan situs pertemanan atau online chat (chating). pada tahap ini kita bisa memberikan pengertian jangan sampai mereka memberikan Foto pribadi, Bio data pribadi, atau bertemu dengan teman chat yang mereka belum kenal sebelumnya. Pada masa ini tingkat seksualitas mereka meningkat jadi wajar jika mereka tertarik dan penasaran dengan lawan jenisnya, sehingga kita harus memberi pengertian bahwa orang yang berada di internet kadang kala tidak seperti yang kita bayangkan dan gambarkan.
Tetapi kita harus waspada apa yang dilakukan mereka, kita tidak perlu dalam satu ruangan untuk mengawasi mereka tetapi mereka harus tahu bahwa kita sebagai orang tua berhak keluar masuk tempat tersebut kapan saja hanya sekedar untuk menanyakan kepada mereka.
Jika mereka sudah menjurus ke arah materi - materi seksual (tergantung maerinya) kita sudah harus berfikir untuk memasang Software Filter, Penekanan nilai-nilai norma agama dan keluarga serta meningkatkan kepercayaan dan keterbukaan kita dengan mereka.
  • Usia 14 sampai 17 Tahun
Inilah tantangan kita dan anak-anak kita, di masa ini mereka akan mulai matang secara fisik,emosi dan intelektualnya. mereka berusaha mencari pengalaman dan menginginkan kebebasan dari kita. Langkah kita jangan mengekang mereka seperti waktu mereka kecil tetapi kita memberi kebebasan kepada mereka dengan diimbangi arahan-arahan dalam waktu yang bersamaan. Di masa - masa ini kita harus sering aktif memberi pengarahan masalah teman di internet, meskipun terkadang sulit memberikan pemahaman kepada mereka. Berikan pemahaman bahwa kontrol berada pada tangan mereka dengan cara tetap waspada terhadap keberadaan pihak yang dapat merugikan mereka.
Biasanya permasalahan muncul seperti remaja putri bertemu dengan seseorang yang baru saja dikenalnya dari internet, usahakan mereka jika ingin bertemu harus di dampingi oleh sahabat atau teman dekatnya dan bertemu di tempat Publik (Umum). intinya pada masa ini kita juga harus bersifat Sportif dan bekerja sama dengan mereka untuk mencegah hal-hal negatif.


referensi : www.ictwatch.com , internetsehat.org

No comments:

Post a Comment