Friday, February 13, 2009

PERINTAH DAN KONFIGURASI DASAR ROUTER CISCO (1)

Untuk men-setup router cisco kita membutuhkan 1 PC untuk konfigurasinya atau interaksinya, bisa lewat console atau lewat Jaringan.
Jika kita lewat console maka kita memerlukan kabel rollover untuk menghubungkan router dengan PC. Untuk men-setup router lewat console kita memerlukan aplikasi Hyper Terminal dari PC tersebut.
Sedangkan jika kita ingin mengkonfigurasi router lewat Jaringan maka kita membutuhkan aplikasi telnet, Dengan cara ini kita bisa mengkonfigurasi router dari mana saja tidak harus berada di dekat router.
Pada saat kita masuk ke router kita akan masuk ke User Mode, pada akses User Mode kita tidak dapat mengkonfigurasi router, kita hanya bisa melihat konfigurasi router. Pada User Mode tanda promptnya berupa > .
Jika kita ingin mengkonfigurasi router kita harus masuk ke Privileged Mode, untuk berpindah ke Privileged Mode kita ketikkan perintah enable pada prompt.

router > enable

prompt akan berubah menjadi # jika kita sudah masuk ke Privileged Mode, untuk keluar dari Privileged Mode kita tinggal ketikkan disable pada perintah promptnya.

router # disable

Untuk konfigurasi interface dan lain-lain kita bisa masuk dengan cara pertama masuk ke Mode Privileged kemudian masuk ke configure terminal untuk masuk ke konfigurasi secara global.

router # configure terminal

untuk keluar dari configure terminal ketik saja exit untuk kembali ke semula.

router (config)# exit

jika kita mengalami kesulitan tinggal ketik ? untuk failitas help-nya.
Untuk membuat password agar masuk ke privileged pada router cisco terdapat 2 pilihan yaitu enable password password_anda dan enable secret password_anda_rahasia. Perbedaannya adalah jika kita menggunaan enable password ; password kita tidak terenkripsi sedangkan jika kita menggunakan enable secret; password kita terenkripsi, dan jika kita mengetikkan keduanya maka yang digunakan adalah enable secret.

Router (config)# enable password rahasia
Router (config)# enable secret rahasia123

Untuk menghilangkan password kita tinggal nambahkan no pada perintah prompt.

Router (config)# no enable secret rahasia123

Sedangkan untuk password console (maksudnya jika kita mau setting lewat console kita di minta memasukkan password sebelum masuk ke router) perintahnya sebagai berikut

Router > enable
Router # configure terminal
Router (config)# line console 0
Router (config-line)#login
Router (config-line)#password rahasia

Maksud perintah di atas adalah password untuk masuk ke router lewat console adalah rahasia.
Sedangkan untuk password telnet perintahnya sebagai berikut :

Router > enable
Router # configure terminal
Router (config)# line vty 0 4
Router (config-line)#password rahasialagi

Maksud di atas adalah kita bisa memakai 5 (5 itu 0 sampai 4) koneksi virtual terminal secara bersamaan, dan jika kita mau login masuk ke router lewat telnet kita diminta memasukkan password rahasialagi.

Untuk mengkonfigurasi interface kita harus masuk ke mode privileged kemudian masuk ke configure terminal, setelah itu masuk ke interface Ethernet nomer_slot/nomer_port , setelah masuk ke interface yang di inginkan kemudian isi ip address dengan perintah ip address ip_address subnet_mask. Untuk memberi comment ketikkan perintah description LINK ke Jakarta, maksudnya adalah kita memberi comment pada Ethernet ini menuju ke link Jakarta. Pada akhiran kita ketik no shutdown untuk mengaktifkan interface tersebut

Router # configure terminal
Router (config)# interface Ethernet 1/0
Router (config-if)# ip address 10.10.10.1 255.255.255.0
Router (config-if)# description LINK ke Jakarta
Router(config-if)#no shutdown

Untuk selanjutnya setting interface serial, untuk setting interface serial kita membutuhkan clocking dari service provider untuk sinkronisasi. Pada setting serial kita membutuhkan 2 sisi berbeda yaitu DTE (Data Terminal Equipment) biasanya mempunyai koneksi male (jantan) dan koneksi DTE biasanya mengikuti clocking dari DCE. Sedangkan satunya yaitu DCE (Data Circuit-terminating equipment) yang memberikan clocking dan mempunyai koneksi female (perempuan). Pada kenyataannya DCE terkoneksi ke CSU/DSU (Modem), dan router hanya di setting DTE. Tapi untuk menguji router, kita bisa membuat salah satu router sebagai DCE yang memberikan clocking agar bisa terkoneksi antar router. Settingannya seperti di bawah ini :

Contoh Setting serial DTE

Router # configure terminal
Router(config)# interface serial 0
Router(config-if)#ip address 202.202.202.2 255.255.255.252
Router(config-if)#description LINK ke ISP
Router(config-if)#no shutdown

Contoh Setting serial DCE

Router # configure terminal
Router(config)# interface serial 0
Router(config-if)#ip address 202.202.202.2 255.255.255.252
Router(config-if)#description LINK ke ISP
Router(config-if)#clock rate 64000
Router(config-if)#no shutdown

Perintah no shutdown untuk mengaktifkan interface, jikakita ingin men-disable kita tinggal ketik shutdown pada perintah konfigurasi interface.

Router(config-if)#shutdown


To be continued

No comments:

Post a Comment